KONSEP DASAR PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) di SEKOLAH DASAR
oleh :
ADISTI YULIANA
F370120…
ALLATIF
F37012050
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK
2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami penjatkan kehadirat
Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka kami dapat menyelesaikan penyusunan
makalah yang berjudul “KONSEP DASAR
PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) di SEKOLAH
DASAR”. Dalam mata kuliah “ PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN (PKn) ”.
Dalam Penyusunan makalah ini kami merasa masih banyak
kekurangan-kekurangan baik pada teknis penyusunan maupun materi, mengingat akan
kemampuan yang dimiliki kami. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak
sangat kami harapkan demi penyempurnaan penyusunan makalah ini.
Dalam penyusunan makalah ini kami menyampaikan ucapan terima
kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan
makalah ini, khususnya kepada :
- Bapak Drs. H. Nurhadi, M.Pd selaku dosen mata kuliah tugas ini.
- Rekan-rekan semua di kelas 3a regular A.
- Secara khusus penyusun menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada penyusun, baik selama mengikuti pembelajaran dikampus maupun dalam menyelesaikan makalah ini
Akhirnya kami berharap semoga Allah memberikan imbalan yang
setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua
bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Rabbal ‘Alamiin.
Pontianak,
November 2013
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar……………………………………………………………………….
Daftar
Isi…………………………………………………………………………….
BAB
1 PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah……………………………………………………………..
B.
Rumusan
Masalah…………………………………………………………………..
C.
Tujuan………………………………………………………………………………
BAB
2 PEMBAHASAN
A. Arti dan Tujuan Penilaian PKn di Sekolah Dasar……………………………………
B.
Ruang Lingkup
dan Aspek PKn di Sekolah Dasar…………………………………
BAB
3 PENUTUP
A.
Kesimpulan…………………………………………………………………………….
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan
Kewarganegaraan sudah diajarkan di Sekolah Dasar, itu artinya PKn sangat bearti
dan snbgat berpengaruh untuk pesrta didik. PKn ini memiliki arti dan tujuan
penilaian dalam pendidikan, baik itu pada saat diajarkan di SD. Tujuan penilain
PKn ini sendiri untuk mengetahui seberapa jauh nilai-nilai yang diajarkan telah
menyatu raga dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
B.
Rumusan Masalah
a.
Apa arti dan
tujuan penilaian PKn di Sekolah Dasar ?
b.
Apa saja Ruang lingkup dan aspek PKn di Sekolah
Dasar ?
C. Tujuan
a.
Untuk menambah
pengetahuan Mahasiswa tentang arti dan tujuan PKn di SD.
b.
Untuk mengetahui
ruang lingkup dan aspek apa saja yang mempengaruhi PKn di SD.
BAB 2
PEMBAHASAN
A.
Arti dan Tujuan Penilaian
dalm Pendidikan Kewarganegaraan (pkN) di Sekolah Dasar
1.
Arti Evaluasi PKn.
Evaluasi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah
penilaian tentang pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Penilaian
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) tersebut termasuk ke dalam
penilaian afektif. Penilaian afektif adalah penilaian pada jenjang afektif,
yaitu penilaian mengenai penerimaan
nilai, penanggapan nilai, penghargaan nilai, pengorganisasian nilai dan
karakterisasi nilai-nilai.
2.
Tujuan Penilaian
PPKn.
Tujuan penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
yaitu umtuk mengetahui seberapa jauh nilai-nilai yang diajarkan telah
menyaturaga dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Nilai-nilai tersebut
secara inplisit maupun eksplisit terdapat pada Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar.
B. Ruang Lingkup dan Aspek Penilaian Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar
1.
Ruang Lingkup
Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar
Ruang lingkup penilaian Pendidikan Kewarganegaraan
(PKn) di Sekolah Dasar meliputi:
(a)
penilaian terhadap aspek perencanaan pembelajaran,
(b)
penilaian terhadap aspek pelaksanaan atau implementasi pembelajaran,
(c)
penilaian terhadap aspek evaluasi pembelajaran
Pembelajaran aspek perencanaan
pembelajaran disebut penilaian program yaitu penilaian yang dilakukan terhadap
persiapan mengajar atau RPP. Penilaian program ini biasanya menggunakan alat
penilaian yang disebut Content Analisis atau Kajian Persiapan Mengajar.
Penilaian apek pelaksanaan mengajar disebut penilaian proses, dan dilakukan
dengan menggunakan alat penilaian pengamatan atau skala penilaian serta angket
kepuasan dari murid. Penilaian aspek evaluasi pembeljaran disebut penilaian
hasil, dan menggunakan alat penilaian seperti skala sikap, laporan perasaan,
mengarang bebas, check list, skala penilaian dan seterusnya.
2.
Aspek Penilaian
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
a.
Fungsi Penilaian
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Sebagaimana
penilaian pendidikan pada umumnya, maka fungsi penilaian Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn) yaitu:
(1)
Untuk mendapatkan umpan balik bagi guru dalam mengadakan perbaikan proses
belajar mengajar
(2)
Untuk mengetahui tingkat perubahan tingkahlaku yang telah dicapai peserta didik
(3)
Untuk menempatkan peserta didik dalam situasi belajar mengajar yang tepat
(4)
Untuk mengenal latar belakang kesulitan belajar dan kelainan perilaku peserta
didik.
b.
Prinsip-Prinsip
Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Ada
empat prinsip penilaian dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yaitu:
(1) Prinsip menyeluruh, yaitu hendaknya meliputi
seluruh aspek afektif mulai dari penerimaan nilai sampai pada tingkat
karaterisasi nilai
(2) Prinsip obyektivitas, yaitu hendaknya penilaian
yang dikembangkan itu handal dan dapat dipercaya
(3) Prinsip berkesinambungan, yaitu hendaknya
penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) itu dilakukan secara terus menerus
bukan sepotong-sepotong sehingga murid mendapatkan gambaran secara lengkap.
(4) Prinsip peadedogis yaitu hendaknya diketahui dan
dirasakan hasilnya oleh peserta didik, sehingga hasilnya akan dirasakan sebagai
penghargaan atau hukuman.
c.
Sasaran
Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Sasaran
penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yaitu terjadinya perubahan tingkah
laku peserta didik secara positif, yaitu menggambarkan penghayatan dan
pengamalan nilai-nilai budaya bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
d. Jenis-Jenis Penilaian
Sebagaimana
mata pelajaran lainnya, maka jenis penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
meliputi :
(a)
Penialain harian (Ulangan harian), yaitu penilaian yang dilakukan setelah
selesainya suatu bahasan,
(b)
Penilaian tengah semester yaitu penilaian yang dilakukan untuk menguji tercapai
atau tidaknya hasil pembelajran selama tiga bulan
(c)
Penialain semester, yaitu penilaian yang dilakukan untuk menguji tercapai atau
tidaknya hasil pembelajaran selama enam bulan.
BAB3
PENUTUP
a.
Kesimpulan
A.
Aspek penilaian
pendidikan PKn di SD, terdiri dari :
1. Fungsi penilaian Pendidikan
Kewarganegaraan
2. Prinsip-prinsip penilaian Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn)
3. Sasaran penilaian
Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).
4. Jenis-jenis
penilaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar