web stats

Rabu, 26 Maret 2014

KONSEP DASAR PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) di SEKOLAH DASAR



KONSEP DASAR PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) di SEKOLAH DASAR

oleh :

ADISTI YULIANA
F370120…
ALLATIF
F37012050

images.jpg

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK
2013










KATA PENGANTAR

Puji syukur kami penjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “KONSEP DASAR PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) di SEKOLAH DASAR”. Dalam mata kuliah “ PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) ”.
Dalam Penyusunan makalah ini kami merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penyusunan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki kami. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan penyusunan makalah ini.
Dalam penyusunan makalah ini kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada :
  1. Bapak Drs. H. Nurhadi, M.Pd selaku dosen mata kuliah tugas ini.
  2. Rekan-rekan semua di kelas 3a regular A.
  3. Secara khusus penyusun menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada penyusun, baik selama mengikuti pembelajaran dikampus  maupun dalam menyelesaikan makalah ini
Akhirnya kami berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Rabbal ‘Alamiin.


Pontianak,      November 2013








DAFTAR ISI
Kata Pengantar……………………………………………………………………….
Daftar Isi…………………………………………………………………………….
BAB 1 PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah……………………………………………………………..
B.     Rumusan Masalah…………………………………………………………………..
C.     Tujuan………………………………………………………………………………
BAB 2 PEMBAHASAN
A.    Arti dan Tujuan Penilaian PKn di Sekolah Dasar……………………………………
B.     Ruang Lingkup dan Aspek PKn di Sekolah Dasar…………………………………
BAB 3 PENUTUP
A.    Kesimpulan…………………………………………………………………………….













BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan Kewarganegaraan sudah diajarkan di Sekolah Dasar, itu artinya PKn sangat bearti dan snbgat berpengaruh untuk pesrta didik. PKn ini memiliki arti dan tujuan penilaian dalam pendidikan, baik itu pada saat diajarkan di SD. Tujuan penilain PKn ini sendiri untuk mengetahui seberapa jauh nilai-nilai yang diajarkan telah menyatu raga dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.

B.     Rumusan Masalah
a.          Apa arti dan tujuan penilaian PKn di Sekolah Dasar ?
b.         Apa  saja Ruang lingkup dan aspek PKn di Sekolah Dasar ?
C. Tujuan
a.       Untuk menambah pengetahuan Mahasiswa tentang arti dan tujuan PKn di SD.
b.      Untuk mengetahui ruang lingkup dan aspek apa saja yang mempengaruhi PKn di SD.














BAB 2
PEMBAHASAN
A.    Arti dan Tujuan Penilaian dalm Pendidikan Kewarganegaraan (pkN) di Sekolah Dasar
1.      Arti Evaluasi PKn.
Evaluasi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah penilaian tentang pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Penilaian pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) tersebut termasuk ke dalam penilaian afektif. Penilaian afektif adalah penilaian pada jenjang afektif, yaitu penilaian mengenai penerimaan nilai, penanggapan nilai, penghargaan nilai, pengorganisasian nilai dan karakterisasi nilai-nilai.

2.      Tujuan Penilaian PPKn.
Tujuan penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yaitu umtuk mengetahui seberapa jauh nilai-nilai yang diajarkan telah menyaturaga dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Nilai-nilai tersebut secara inplisit maupun eksplisit terdapat pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.


B. Ruang Lingkup dan Aspek Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar
1.      Ruang Lingkup Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar
Ruang lingkup penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar meliputi:
(a) penilaian terhadap aspek perencanaan pembelajaran,
(b) penilaian terhadap aspek pelaksanaan atau implementasi pembelajaran,
(c) penilaian terhadap aspek evaluasi pembelajaran
           Pembelajaran aspek perencanaan pembelajaran disebut penilaian program yaitu penilaian yang dilakukan terhadap persiapan mengajar atau RPP. Penilaian program ini biasanya menggunakan alat penilaian yang disebut Content Analisis atau Kajian Persiapan Mengajar. Penilaian apek pelaksanaan mengajar disebut penilaian proses, dan dilakukan dengan menggunakan alat penilaian pengamatan atau skala penilaian serta angket kepuasan dari murid. Penilaian aspek evaluasi pembeljaran disebut penilaian hasil, dan menggunakan alat penilaian seperti skala sikap, laporan perasaan, mengarang bebas, check list, skala penilaian dan seterusnya.
2.      Aspek Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
a.       Fungsi Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Sebagaimana penilaian pendidikan pada umumnya, maka fungsi penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yaitu:
(1) Untuk mendapatkan umpan balik bagi guru dalam mengadakan perbaikan proses belajar mengajar
(2) Untuk mengetahui tingkat perubahan tingkahlaku yang telah dicapai peserta didik
(3) Untuk menempatkan peserta didik dalam situasi belajar mengajar yang tepat
(4) Untuk mengenal latar belakang kesulitan belajar dan kelainan perilaku peserta didik.

b.      Prinsip-Prinsip Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Ada empat prinsip penilaian dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yaitu:
(1) Prinsip menyeluruh, yaitu hendaknya meliputi seluruh aspek afektif mulai dari penerimaan nilai sampai pada tingkat karaterisasi nilai
(2) Prinsip obyektivitas, yaitu hendaknya penilaian yang dikembangkan itu handal dan dapat dipercaya
(3) Prinsip berkesinambungan, yaitu hendaknya penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) itu dilakukan secara terus menerus bukan sepotong-sepotong sehingga murid mendapatkan gambaran secara lengkap.
(4) Prinsip peadedogis yaitu hendaknya diketahui dan dirasakan hasilnya oleh peserta didik, sehingga hasilnya akan dirasakan sebagai penghargaan atau hukuman.
c.    Sasaran Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Sasaran penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yaitu terjadinya perubahan tingkah laku peserta didik secara positif, yaitu menggambarkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai budaya bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

                       d.    Jenis-Jenis Penilaian
Sebagaimana mata pelajaran lainnya, maka jenis penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) meliputi :
(a) Penialain harian (Ulangan harian), yaitu penilaian yang dilakukan setelah selesainya suatu bahasan,
(b) Penilaian tengah semester yaitu penilaian yang dilakukan untuk menguji tercapai atau tidaknya hasil pembelajran selama tiga bulan
(c) Penialain semester, yaitu penilaian yang dilakukan untuk menguji tercapai atau tidaknya hasil pembelajaran selama enam bulan.
















BAB3
PENUTUP

a.       Kesimpulan
A.    Aspek penilaian pendidikan PKn di SD, terdiri dari :
     1. Fungsi penilaian Pendidikan Kewarganegaraan
     2. Prinsip-prinsip penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
3. Sasaran penilaian Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).
4. Jenis-jenis penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar