web stats

Rabu, 11 Juni 2014

RPP MATEMATIKA 2006 bangun ruang kubus



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       :  
Mata Pelajaran          :   Matematika
Kelas / Semester        :   V / 1
Pertemuan Ke-          :   1
Alokasi Waktu           :   2x 35 menit

A.    Standar Kompetensi
4. menghitung volume kubus dan balok dan menggunakan dalam         pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
4.1. menghitung volume kubus dan balok.

C.     Indikator
-          Menyebutkan sifat-sifat dari bangun ruang
-          Menurunkan rumus volume kubus.
-          Menyelesaikan soal tentang volume kubus dengan jujur dan teliti.

D.    Tujuan Pembelajaran
A.    Siswa dapat membedakan sifat- sifat bangun ruang kubus dengan bangun ruang lain.
B.     Siswa dapat mengambar bangun ruang kubus.
C.     Siswa dapat menurunkan volume kubus.
D.    Siswa mampu mencari hasil dari volume bangun ruang kubus.
E.     Dengan kubus satuan, siswanya dapat menghitung banyak kubus satuan dalam kubus transpran.

Karakater siswa yang diharapkan :
Disiplin, Rasa hormat, Tanggung jawab, Tekun, Perhatian



E.     Materi Ajar
Kubus merupakan bangun ruang yang mempunyai 6 sisi. Semua sisinya sama dan berbentuk bangun datar persegi. Kubus mempunyai 8 titik sudut dan 12  rusuk yang sama panjang.
Perhatikan kubus ABCD.EFGH dibawah ini.
ABCD berbentuk persegi dan merupakan alas kubus tersebut. Rusuk AB= panjang (p)., rusuk BC= lebar (l), dan rusuk CG= tinggi (t). Panjang rusuk-rusk kubus sama, maka ukuran panjang = lebar = tinggi. Jika ukuran panjang dinyatakan misalnya a, maka lebar dan tingginya= a.
Masih ingatkah kamu rumus volume balok ? yaitu: luas alas x tinggi. Maka rumus volume kubus juga sama balok yaitu: luas alas x tinggi. Jika alas kubus berbentuk persegi, maka luas alas = a x a atau s x s atau rusuk x rusuk.

Jadi, volume kubus dapat ditulis sebagai :
V = L. Alas x Tinggi
    = sisi x sisi x sisi
    = s x s x s = s3

            Contoh :
Sebuah rubik mempunyai panjang sisi 13cm, berapakah volume rubik tersebut.
Jawab:
Diketahui : panjang sisi : 13cm
Ditanya : volume rubik ?
Penyelesaian : V = L.Alas x t
                            = S x S x S
                            = 13cm x 13cm x 13cm
                            = 2197 cm3

F.      Alokasi waktu
2 x 35 menit.



G.    Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Deduktif, Latihan, Ekspositori, Demonstrasi.


H.    Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Berdoa
3.      Guru mengabasen muridnya
4.      Guru mengulang kembali sekilas materi sebelumnya (apersepsi)

Kegiatan Inti :
1.      Guru mengeluarkan sebuah benda untuk di perlihatkan kepada siswa
2.      Guru menanyakan kepada siswa bentuk bangun ruang itu (eksplorasi)
3.      Siswa menjawab pertanyaan dari guru (elaborasi)
4.      Guru menyuruh siswanya untuk maju kedepan kelas untuk menunjukkan unsure kubus dan menghitung jumlah unsur kubus (konfirmasi)
5.      Guru menugaskan siswanya untuk menunjukkan unsur SISI, RUSUK, dan TITIK SUDUT pada sebuah kubus dan menghitung jumlahnya (eksplorasi)
6.      Guru membimbing siswanya yang maju kedepan untuk menghitung jumlah sisi, rusuk, dan titik sudut untuk mengetahui sifat-sifat kubus (elaborasi)
7.      Guru menugaskan siswa kembali untuk maju kedepan kelas dan guru membimbing siswa memasukkan kubus satuan kedalam kubus transpran untuk cara  menemukan ruang volume kubus (elaborasi)
8.      Siswanya menghitung jumlah kubus satuan pada panjang, lebar, dan tinggi dari kubus transpran untuk menemukan volume kubus (elaborasi)
9.      Siswa menyimpulkan volume kubus  adalah Luas alas persegi x tinggi kubus, karena alasnya berbentuk persegi (elaborasi)
10.  Guru memberikan soal tentang volume kubus dan menyuruh siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis
11.  Guru menugaskan siswa maju kedepan untuk mengerjakan contoh soal di papan tulis (eksplorasi)
12.  Guru memberikan penjelasan kembali tentang soal yang dikerjakan oleh siswa (konfirmasi)
13.  Guru memberikan latihan soal kepada siswa yang dikerjakan dikerjakan disekolah (konfirmasi)
14.  Siswa mengumpulkan hasil latihan sekolah kepada guru




Kegiatan penutup :
1.      Guru menanyakan apakah semua siswanya sudah mengerti dengan pembelajaran hari ini
2.      Guru menanyakan kepada siswanya tentang kesimpulan pembelajaran hari ini
3.      Guru memberikan motivasi kepada siswanya agar rajin belajar dirumah
4.      Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswanya
5.      Guru mengajak siswanya berdoa sebelum pulangatau istrahat
6.      Guru mengucapakan salam

I.       Penilaian

1.      Teknik tes : Tes tertulis.
2.      Jenis tes :
3.      Bentuk tes : Essay
4.      Soal tes :

1.      Hitunglah volume kubus jika panjang sisinya 5cm ?
2.      Ali mempunyai sebuah kotak berbentuk kubus. Kotak tersebut diukur ali, dan hasil panjang sisinya 7cm. Berapa volume kubus kotak Ali tersebut ?
3.      Hitunglah dengan kubus satuan kubus yang panjang sisinnya 12cm ?
4.      Gambarkanlah sebuah kubus yang sisinya 10cm dan hitunglah volumenya ?
5.      Ani membeli sebuah kotak yang berbentuk kubus. Ia ingin menghitung volume kubusnya, berapa hasil volume yang didapat Ani, jika panjang sisi kotak tersebut 9cm ?



        5. Kreteria pemberian skor
No.
Soal No.
Tingkat kesulitan
Kreteria
Skor
1.
1
Sedang
Betul semua
4
50% persen betul, 50% salah
2
Salah semua
0
2.
2
Sedang
Betul semua
4
50% persen betul, 50% salah
2
Salah semua
0
3.
3
Sedang
Betul semua
4
50% persen betul, 50% salah
2
Salah semua
0
4.
4
Sedang
Betul semua
4
50% persen betul, 50% salah
2
Salah semua
0
5.
5
Sedang
Betul semua
4
50% persen betul, 50% salah
2
Salah semua
0





 6. Kunci jawaban :
1.      Diketahui : panjang sisi kubus = 5cm
Ditanya : Berapkah volume kubus ?
Peneyelesaian:

V=  L.Alas x tinggi
   = Sisi x Sisi x Sisi
    = 5cm x 5cm x5cm
    = 25cm3




2.      Diketahui : panjang sisi kubus = 7cm
Ditanya : volume kubus ?
Peneyelesaian:

V = L.Alas x tinggi
    = Sisi x Sisi x Sisi
    =7cm x 7cm x 7cm
    = 49cm3

3.      Diketahui : panjang sisi kubus = 12cm
Ditanya : Berapkah volume kubus ?
Peneyelesaian:

V= L.Alas x tinggi
   = Sisi x Sisi x Sisi
   = 12cm x 12 cm x 12cm
   = 144cm3


4.     
Panjang AB=DC=EF=GH = 10 cm
Panjang BC=AD=EH=FG = 10 cm
Panjang BFCG==AE=DH =10 cm

Diketahui : panjang sisi kubus = 10cm
Ditanya : Berapkah volume kubus ?
Peneyelesaian:

V= L.Alas x tinggi
   =  Sisi x Sisi x Sisi
   = 10cm x 10cm x 10cm
   =100 cm3

5.      Diketahui : panjang sisi kubus = 5cm
Ditanya : Berapkah volume kubus ?
Peneyelesaian:

V = L.Alas x tinggi
         = Sisi x Sisi x Sisi
   = 9cm x 9cm x 9cm
   = 81 cm


 
J.       Alat dan Sumber Belajar

1.      Buku pelajaran matematika kelas 6 SD
2.      Kubus transpran
3.      Kubus satuan







                                                                                        ............, ..............................
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :














Tidak ada komentar:

Posting Komentar